Rabu, 11 Februari 2015

Jangan Berhenti Di Sini

Hm....
Nggak terasa udah hampir dua tahun.

Dua tahun lalu, saya mulai mengajar. Kalian yang pertama kali saya ajar. Ada rasa khawatir juga takut kalau diri ini nggak bisa amanah, nggak bisa mengajar juga mendidik dengan baik, nggak bisa memberikan ilmu dengan benar, nggak bisa menjadi teladan, dan nggak bisa yang lainnya. Tapi setiap kali melihat semangat dan antusias kalian, saya percaya saya pasti bisa.

Sekarang, kalian sudah di akhir masa SMA. Sebentar lagi kalian akan melewati gerbang SMA. Akan melanjutkan ke kehidupan lain.

Nak, saat mengajar kalian besar harapan saya agar kalian bisa menjadi orang sukses. Tinggi harapan saya agar kalian bisa melanjutkan ke bangku kuliah. Saya tau, masalah ekonomi menjadi masalah utama untuk sebagian besar di antara kalian. Tapi buat saya, selalu ada jalan bagi mereka yang mau mencari. Apalagi bagi kalian yang berpotensi, jangan berhenti sampai di sini. Asahlah kemampuan kalian seruncing mungkin.

Nak, kalian tau mengapa saya suka ngoto menyuruhmu kuliah? Karena saya nggak ingin kalian hanya menjadi buruh/karyawan pabrik seperti kakak, bibi, ibu, saudara atau tetangga kita selama ini. Saya ingin kalian menjadi orang yang sukses, yang memiliki ilmu tinggi, juga pola pikir dan wawasan yang luas.

Nak, pintu gerbang sudah di depan mata. Bersiaplah dari sekarang. Mantapkan pijakanmu untuk kamu melangkah atau bahkan berlari nanti. Terbanglah sejauh yang kalian mampu. Perbanyak teman, perluas pergaulan, serap ilmu sebanyak-banyaknya.

Sekali lagi, jangan berhenti sampai di sini, nak. Jangan.

1 komentar:

  1. Sedikit menghilangkan penat dengan tumpukan aksara yang tersusun rapi dalam suratmu :)

    BalasHapus