Kamis, 07 November 2013

[Resensi] Lost & Found

Judul: Lost & Found

Penulis: Sisca Spencer Hoky

Tebal: 204 halaman

Harga: Rp. 37.000,-

Penerbit: GagasMedia











Buku ini bercerita tentang Jane yang masih dibayang-bayangi oleh masa lalunya, Xander. Padahal di antara mereka sudah tidak ada apa-apa lagi. Namun, bagi Jane putusnya hubungan mereka yang tidak jelas dan terasa mengambang membuat dia masih dihantui sosok Xander. Begitu juga saat Chris muncul di kehidupannya. Bermula saat bertemu di gym, dan berlanjut menjadi personal trainer. Dari situ hubungan keduanya bertambah dekat. Tapi itu tadi, Jane masih tidak bisa menerima Chris lebih dari sekadar sahabat karena ia merasa masih mencintai Xander. Seperti kutipan yang ada di bukunya "A boy breaks your heart, but real man reunites the pieces", itulah yang disadari oleh Jane pada akhirnya. Siapa yang boy, siapa yang man.


Dari awal membaca buku ini, saya suka dengan gaya tulisannya. Mengalir hingga tidak terasa sudah sampai di halaman terakhir. Dan untuk penulis pemula, menurut saya itu merupakan poin plus. Selain bahasanya yang mengalir, pemilihan diksinya pun cukup oke. Mungkin karena penulis sudah terbiasa menulis di akun wattpad miliknya.

Meski karakter tokoh-tokohnya saya anggap tidak terlalu menonjol, tapi dari dialog bisa dibedakan mana yang Jane, Xander, Chris dan lain-lainnya. Ya, dialognya tidak datar dan sama untuk setiap tokoh. Bisa dibilang karakter yang paling menonjol adalah Chris, secara he's a perfect man. Ganteng dan tajir. Tipe cowok yang bisa bikin klepek-klepek dan bikin delusional para cewek. hihihi.

Yang sangat saya sayangkan adalah buku ini cukup tipis. Padahal masih banyak yang bisa dieksplor dari cerita di dalamnya. Misalnya penjabaran tentang tubuh Jane segemuk apa hingga dia melakukan fitnes? Bagaimana kegiatan sehari-harinya, kok ya yang ada dia cuma fitnes & makan-makan aja? Lalu seperti apa hubungan Jane-Xander di masa lalu? Hal-hal seperti itu menjadi teka-teki saat saya membaca bukunya. Jadi, alangkah baiknya kalau dibuat lebih detail lagi.

Untuk urusan typo, saya hanya menemukan sedikit dan tidak mengganggu saya saat membaca. Tapi teteup, untuk cetakan selanjutnya harus diperbaiki dong. :)

Overall, saya cukup menyukai buku ini. Untuk ukuran buku debut, saya rasa penulis mempunyai modal awal yang sudah mumpuni. Cuma perlu dipoles-poles sedikit lagi aja biar lebih ciamik. ;)

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Suka banget kutipannya: "A boy breaks your heart, but real man reunites the pieces" :))

    BalasHapus