Jumat, 07 September 2012

Aksara dan Ganita

Kepada lelaki yang akan menjadi suamiku nanti...
Meski sampai saat ini aku belum mengetahui sosokmu, itu tak mengapa. Mungkin saja kamu adalah salah satu dari sekian orang yang membaca tulisanku ini. Tidak ada yang tak mungkin, kan? Oleh karenanya, aku ingin berbagi sedikit tentang rencana hidupku saat bersamamu.

Kepada engkau, ayah dari anak-anakku nanti...
Aku sudah menemukan nama yang indah untuk anak-anak kita. Bermula dari keisenganku menjelajah situs tentang daftar nama bayi dari bahasa sanskrit. Aku menemukan nama Aksara dan Ganita. Aksara yang berarti tak pernah berubah, kekal dan abadi, ini nama yang akan kuberikan untuk anak lelaki kita. Kelak ia akan dipanggil Aksa. Untuk anak perempuan kita, aku memilihkannya nama Ganita yang berarti bernomor atau matematika. Ssstt,,, sebenarnya Ganita adalah nama untuk laki-laki, tapi entah mengapa itu terdengar terlalu feminin, makanya aku pilih saja untuk anak perempuan kita nanti. Kamu nggak marah, kan?

Kamu tahu mengapa aku memilih nama-nama itu? Alasanku sederhana saja. Aku ingin anak-anakku tahu bahwa namanya adalah tentang sekelumit hidup bundanya. Aku ingin Ganita tahu bahwa bundanya adalah seseorang yang kuliah di jurusan pendidikan matematika. Itulah alasan mengapa aku memberimu nama Ganita, wahai putri kecilku. Aku juga ingin Aksara tahu bahwa bundanya ini adalah seseorang yang menyukai aksara, suka membaca susunan aksara dan tak jarang menyusun aksara demi aksara agar menjadi kalimat yang indah. Semoga kamu paham mengapa bunda memilihkan Aksara sebagai namamu, oh pangeran kecilku.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa aku hanya memberikan satu kata saja untuk nama anak-anak kita. Sayang, aku tidak ingin egois. Kamu juga punya andil dalam memilihkan nama untuk mereka. Aku ingin kamu mencari dan memilihkan nama lain yang pantas bersanding dengan nama Aksara dan Ganita. Dengan begitu, kedua anak kita nanti tahu bahwa nama mereka adalah pilihan dari ayah bundanya. Maka, jika kamu membaca tulisan ini, kamu sudah boleh mencari nama apa yang tepat untuk berdiri di sebelah nama Aksara dan Ganita. :)

Dan untuk anak-anakku, Aksara dan Ganita...
Bila suatu hari kalian membaca tulisan ini, kalian akan mengetahui bahwa tepat hari ini Bunda memilihkan nama kalian.

2 komentar:

  1. serem ah anaknya dikasih nama "bernomor" -__-

    BalasHapus
  2. fokusnya bukan di arti "bernomor" tapi di "matematika"nya :)

    BalasHapus