Rabu, 21 April 2010

SELAMAT HARI KARTINI :)



first, i would like to say "SELAMAT HARI KARTINI"

yup, hari ini tanggal 21 april bertepatan dengan hari lahir R.A. KARTINI. di mana setiap tanggal 21 april kita memperingati HARI KARTINI dalam rangka berterima kasih atas jasanya dalam memperjuangkan emansipasi wanita. biasanya cara kita memperingati HARI KARTINI adalah dengan memakai pakaian adat...


hmm,,talking about 'emansipasi wanita' btw, sebenernya apa sih arti emansipasi wanita menurut kalian?


kalo menurut gue sih, emansipasi wanita adalah suatu keadaan di mana kaum hawa tidak lagi dibatasi untuk melakukan sesuatu,tetapi tentu saja sebagai wanita kita harus memahami dan tetap bersikap sesuai kodratnya.


misalnya aja nih, seorang istri bekerja atau dengan kata lain mencari nafkah. mungkin dulu seorang istri tugasnya hanya di rumah, mengurusi segala macam pekerjaan rumah, mengasuh anak-anaknya dan "mengabdi" pada suaminya. dan kegiatan mencari nafkah adalah kewajiban sang suami bukan si istri. tapi sekarang lain! banyak wanita yang sudah berumah tangga tapi masih tetap bekerja. kalo kata gue hal yang kayak gitu gak jadi masalah, selama wanita itu masih bisa menjalankan tugasnya sebagai seorang istri dan ibu yang baik bagi keluarganya. selama tugas utamanya tidak terbengkalai, yaa sah-sah saja untuk bekerja. dan kata gue lagi nih, gak ada salahnya buat sang istri untuk bekerja, hitung-hitung mengumpulkan uang atau tabungan jika suatu hari nanti sang suami tiada. umur dan kematian kan gak ada yang tau. kalo misalnya si istri gak kerja terus tiba-tiba si suami meninggal padahal tabungan mereka gak banyak, kan si istri jadi kelimpungan. belum lagi nyari kerja di zaman sekarang ini susahnya gak ketulungan!


intinya sih sama kayak yang udah gue bilang,kita sebagai wanita boleh melakukan apa saja, bebas, tidak perlu dibatas-batasi, tapi kita juga harus ingat kodrat kita sebagai wanita. jadi jangan melakukan sesuatu yang menyalahi kodrat kita sebagai wanita seutuhnya!



yaah,, seperti itulah pandangan gue tentang emansipasi wanita. yang jelas wanita itu SANGAT PENTING peranannya. bahkan ada semacam pepatah yang mengatakan "selalu ada perempuan di balik kesuksesan laki-laki". SETUJU BANGET!


baiklah sebelum menutup postingan ini, mari kita menyanyikan lagu IBU KITA KARTINI untuk mengenang jasa-jasa beliau


ibu kita Kartini putri sejati
putri Indonesia harum namanya
ibu kita Kartini pendekar bangsa
pendekar kaumnya untuk merdeka


wahai ibu kita Kartini
putri yang mulia
sungguh besar cita-citanya
bagi Indonesia


Love
-nun-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar