Selasa, 14 Mei 2013

Rapid Fire Questions


Ya ampun, susah bener ya mau konsisten buat ngurus blog ini. hih! *toyor-toyor*
Mau update bingung pun mau bikin tulisan apa. Akhirnya main-main ke blognya @fiksimetropop dan tertarik sama postingan yang ini. Meski bukan anggota BBI, tapi saya ingin juga nih jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Boleh kaaan? *kedip-kedip*

Langsung mulai aja ya, cus!

1. Nambah atau ngurangin timbunan? 
Nambah. -__- meski timbunan buku udah banyak tapi tetep lho susah untuk nahan nggak beli buku, apalagi kalo ada diskon. kayaknya tuh waktu untuk baca nggak sebanding sama banyaknya timbunan buku #alasan. Dan sepertinya kebanyakan yang punya hobi baca malah ganti hobi jadi hobi beli dan menumpuk buku, iya nggak? 

2. Pinjam atau beli buku? 
Beli! Kata bapak "kalo punya uang, beli! soalnya suatu saat buku itu bisa nggak beredar lagi", gitu katanya. Lagian kalo pinjam terus ceritanya bagus, ujung-ujungnya saya beli juga bukunya.

3. Baca buku atau nonton film? 
Baca. Saya bukan tipe yang suka-suka banget nonton film.

4. Beli buku online atau offline? (tobuk yg temboknya bisa disentuh)
Seringnya beli langsung ke toko buku. Seneng aja gitu dikeliling sama buku-buku. Bawaannya tuh pengin nginep di sana, baca semua buku-bukunya. Tapi kadang kalo ada pre-order atau buku yang udah sulit dicari,  biasanya beli online sih. 

5. (Penting) buku bajakan atau ori? 
ORI dong! Nggak pake tawar-menawar. Dulu pernah sih download e-book yang ilegal, yang nggak memberikan royalti ke penulisnya. Tapi ujung-ujungnya nggak ada yang saya baca. Soalnya nggak enak baca e-book. Nggak terasa sensasi bolak-balik halaman bukunya.


6. Gratisan atau diskonan? 
Gratisan, soalnya sini demen banget ikut kuis yang hadiahnya buku. Kalo pun beli diskonan minimal yang diskonnya 25%, kalo di bawah itu suka ndak berasa diskonnya. :p

7. Beli pre-order atau menanti dgn sabar? 
Untuk penulis favorit, biasanya mengusahakan untuk PO. Karena selain lebih cepat sampai, saya berburu tanda tangan mereka juga.

8. Buku asing (terjemahan) atau lokal? 
Sejauh ini, lebih banyak baca buku lokal. Soalnya kalo baca buku terjemahan kadang bahasanya malah jadi kurang enak dibaca.

9. Pembatas buku penting atau biasa aja? 
Maksudnya pembatas buku yang langsung dari bukunya ya? Hmm... Sebenernya biasa aja. Tapi jujur kalo nemu pembatas dari buku yang saya beli, saya berasa kayak dikasih hadiah gitu sama penulis maupun penerbit. Hehehe. Tapi kalo nggak ada juga bisa diganti sama apa aja sih. Biasanya saya pakai post-it labels.

10. Bookmark atau bungkus chiki?  
Ini saya masih nggak ngerti sama pertanyaan yang ini. Kok bawa-bawa bungkus chiki segala? Maksudnya bungkus chiki dijadiin untuk pembatas gitu? Kalo iya, hih, no way! Mending pakai apa kek gitu.

Oke, itu 10 pertanyaan utama. Nah, ini ada 5 pertanyaan tambahan.

11. Typo ganggu apa enggak?
Tergantung. Kalo cuma salah satu huruf atau yang masih bisa dimengerti dan tidak mengubah arti, masih bisa ditolerir. Tapi itu juga kalo nggak terlalu banyak. Biasanya kalau pas saya membaca dan menemukan lebih dari 5 buah typo di tiga bab pertama, agak ganggu juga. Ganggu ke mood untuk lanjut baca. Jadinya saya pasti ogah-ogahan untuk menyelesaikan bukunya.

12. Buku disampul sebelum atau sesudah dibaca?
Kalo lagi rajin begitu beli biasanya langsung disampul. Kalo lagi males, baru disampul setelah baca atau pas lagi nggak ada kerjaan. Kalo lagi males banget ya nggak disampul.

13. Buku ditandatangani (tanggal dan tempat beli) atau enggak?
Ya. Alasannya? Agak aneh mungkin, yaitu awalnya ikutin kakak sepupu yang suka gitu juga. Heheu. Tapi sekarang punya alasan sendiri sih. Tanda tangan, sebagai penanda kepemilikan, biar kalo ada yang pinjem tau gitu. Tanggal, biar tau aja udah berapa si buku hidup bareng saya #halah #apeu. Tempat beli, dulu sih iya tapi udah dari awal tahun ini nggak pernah lagi. Nggak ngerti juga kenapa mencantumkan tempat beli di halaman awal buku -__- 

14. Perlu lihat resensi orang atau nggak sebelum beli/baca buku?
Untuk penulis favorit, saya pasti langsung beli. Selebihnya, saya usahakan untuk baca resensinya, minimal lihat rating-nya di goodreads. Apalagi buku-buku sekarang kan kebanyakan sinopsisnya malah kalimat puitis yang nggak menampilkan premis cerita. Tapi nggak jarang sih masih suka impulsif juga kalo udah di toko buku.

15. Sudah punya buku terjemahan, lihat buku asli diobral, beli atau enggak?
Nggak. Mending uangnya buat beli buku lain.

Fiuh, akhirnya selesai juga. Kemudian mau memanggil Zia dan Ukie buat ikutan Rapid Fire Question ini juga. Ehehehe. Hitung-hitung bantu kalian update blog lho ;). Buat yang baca posting ini juga boleh lho ikutan, monggooo :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar