Kamis, 24 November 2011

Jendela adalah Televisi

 Jendela adalah lubang yang dapat ditutup sebagai tempat keluar masuknya udara. Tapi tahukah kalian bahwa fungsi jendela bukan itu saja? Jendela itu seperti televisi. Di mana, jika kita melihat keluar jendela maka kita akan mendapatkan berbagai macam adegan.


Jendela adalah televisi. Pagi hari melalui jendela kamar, saya melihat ibu yang sedang asik menyirami koleksi tanaman mawar miliknya di kebun belakang rumah kami.

Jendela adalah telivisi. Saat pulang sekolah ketika matahari sedang terik-teriknya, saya menengok ke arah jendela ruang tamu dan mendapati seorang nenek tua yang sedang berjalan tertatih-tatih membawa tumpukan sapu lidi jualannya.

Jendela adalah televisi. Sambil menyesap teh hangat dan membaca novel, saya tertarik dengan keributan terjadi di luar. Seketika saya mengintip dari balik jendela, ternyata sekumpulan anak kecil sedang asik menyanyikan lagu baru salah satu girlband lengkap dengan tariannya!


Jendela adalah televisi. Segerombolan mahasiswa yang melintasi ruang kelas dan memecah konsentrasiku. Saya melirik ke arah mereka yang setengah badannya terlihat dari jendela ruang kelas. Lalu saya pun berkata dalam hati, “Ah, enak sekali jadi mereka bisa tertawa seperti itu sementara saya harus mengerjakan soal ujian ini”.

Jendela adalah televisi. Ketika macet menghadang, saya mengalihkan pandangan ke arah jendela taksi yang sedang saya tumpangi dan terpampang sebuah pemandangan yang mungkin saya pikir hanya akan ada dalam adegan sinetron –sepasang kekasih yang sedang bertengkar hebat hingga si cewek menangis dan menampar pipi cowoknya, atau mungkin sudah menjadi mantan cowoknya?.

Jendela adalah televisi. Guncangan kereta yang terus melaju membawa saya ke arah Jogjakarta, membuat saya sedikit pusing dan memilih untuk memperhatikan pemandangan yang ada di luar jendela sana. Bagai permadani hijau, terhampar sawah-sawah yang siap dipanen. Sesekali persawahan itu diselingi oleh rumah penduduk. Dengan refleks saya melambaikan tangan kepada seorang ibu tani yang kebetulan berjalan tidak begitu jauh dari kereta dan ia pun membalasnya disertai simpul senyum di bibirnya.

Jendela adalah televisi yang menyuguhkan banyak adegan ketika kamu melihat ke arah luar. Dan jika kita jeli, selalu saja ada adegan menarik yang bisa kita lihat dari balik sebuah jendela.



*ps: terinspirasi dari hashtag #jendelaadalahtelevisi yang dibuat oleh @hurufkecil
source gambar: gettyimages.com 

with ♥
hanun

1 komentar: