Rabu, 11 Agustus 2010

Trip to Jogja (Part 2)

Oke,, sekarang gue mau melanjutkan cerita waktu gue ke Jogja kemaren. Untuk cerita sebelumnya bisa dibaca di sini...

Lets we start! :)

3rd Day
Pagi-pagi kita udah mandi,udah rapih dan ready to go. Gue sangat bersemangat sekali karena pagi itu rencananya kita mau belanja ke Bringharjo. Sebelum berangkat kita sarapan dulu biar tenaga kita full buat belanja. Hehe. Menu kita pagi itu adalah nasi gudeg, kebetulan di depan hotel ada yang jualan. Setelah kita merasa cukup kenyang kita langsung siap-siap berangkat. Dan yang akan ke Bringharjo saat itu adalah gue, ibu, babeh dan bude. Keluarga Papah Rudi pagi itu udah harus pulang. Sementara keluarga Mba Reni harus pergi ke Solo.

Back to topic! Pas keluar hotel tukang becak menawarkan jasanya. Mereka menawarkan untuk mengantarkan kita ke Bringharjo dengan harga Rp 10000/becak. Tapi dasar yaa ibu-ibu, maunya lebih irit, sukanya nawar! Ditawarlah becak itu Rp 5000/becak, ya jelaslah para tukang becak itu gak mau. Terus kata ibu, “udah kita jalan aja dulu ke sana sapa tau ada becak yang murah”. Yaudah, gue sama babeh manut wae. Tapi ternyata gak ada tukang becak lagi! Alhasil kita jalan terus, sempat nanya ke orang juga kalo mau ke malioboro lewat mana. Di situ gue mikirnya kok kita bego banget sih, tadi udah ada yang menawarkan jasa eh malah ditolak. Yang ada malah jalan kaki menempuh jarak yang gak dekat ditambah panas pula! Hidup tuh udah susah kok ini malah ditambah jadi susah! Sigh!

Setelah mendaki gunung lewati lembah –lho? Oke emang gue yang lebay!-. setelah bertanya dan menebak-nebak jalan, finally kita sampai juga di Bringharjo. Langsung aja deh kita masuk ke dalam karena udah banyak juga pedagang yang mebuka lapaknya. Padahal dulu-dulu kalo kita ke Bringharjo pasti masih sepi, malah suka nungguin sampai dibuka. Biasanya sambil nunggu kita sarapan pecel sama mie goreng dulu di depan Bringharjo.

Nah, pas udah di dalam Bringharjo kita langsung hunting barang-barang. Alhamdulillah gue dibeliin ibu 2 buah rok batik. Makasih momski :*. Setelah kita mendapatkan semua barang-barang yang dincar kita langsung pulang, secara kaki juga udah gempor. Tapi sebelum pulang kita beli es dawet ayu dulu untuk menghilangkan dahaga. Ibu juga sempat beli pecel sama mie goreng untuk dibawa pulang ke hotel. Katanya biar gak penasaran!

Es dawet sudah habis. Haus pun sedikit terobati. Saatnya kita pulang. Waktunya mencari kendaraan buat pulang. Tadinya kita mau naik andong, bertanya lah kita kalo ke jalan cokroaminoto berapa? Ternyata Rp 50000. WOW! Mahal banget! Dan gak bisa ditawar! Alhasil kita cari alternatif lain, kita cari becak. Harga becak pun gak jauh beda dengan andong, tetep mahal yaitu Rp 20000/becak. Berhubung gak ada pilihan lain, daripada kita pulang jalan kaki, akhirnya memutuskan untuk naik becak aja. Jujur nih, itu pertama kalinya gue naik becak Jogja :D. Dan buat gue harga Rp 20000 itu emang setimpal, secara dari Bringharjo ke hotel itu lumayan jauh jaraknya, udah gitu jalannya menanjak. Jadi, no problem kok.

Sampai kamar hotel gue langsung tepar. Begitu juga dengan ibu dan bude. langsung ganti baju, ambil posisi dan tidur! Alhamdulillah gue tidur 3jam. Tapi pas bangun perut kriuk-kriuk minta diisi, untung ada pecel sama mie goreng yang dibeli ibu, tanpa menunggu langsung menyantap semuanya.

Sore harinya ibu dan para orang tua pergi membeli bakpia. Toko bakpianya gak terlalu jauh dari hotel. Jadi mereka memilih untuk jalan kaki aja. Dan gue ogah banget kalo harus jalan kaki lagi, so gue lebih memilih stay di hotel. Sambil packing barang-barang gue. Karena cuma gue doang yang belum packing.

Selepas magrib kita udah siap untuk makan malam. Kita mencari makanan di sekitar hotel aja. Begitu ketemu rumah makan langsung masuk dan memesan makanan. Tapi ternyata menunya gak lengkap karena kokinya lagi pulang ke kampung ikutan nyadran. Alhasil gue makan seadanya dan gak nafsu makan. Oiya, kita juga sempat heran kenapa warung-warung udah tutup, padahal masih sore hari?

Setelah kenyang kita balik lagi ke hotel. Gak lama kemudian Mba Reni datang. Dan dia kasih tau kita kalo di Keraton lagi ada acara padusan dan banyak orang yang datang ke sana. Mungkin itu salah satu penyebabnya kenapa warung-warung udah tutup. Malam itu kita sleep earlier coz takut bangun kesiangan.

4th Day

A hectic and last morning in Jogja. Pagi-pagi udah rapih, udah siap untuk pulang. Berhubung di bagian belakang mobil babeh penuh sama barang-barang, alhasil gue pulang ikut Mba Reni. Gak ke bayang deh gimana jadinya kalo gue tetep ikut mobil si babeh. Untung ada Mba Reni, jadi gue bisa terselamatkan. Babeh pergi duluan karena takut samapi Bandung kemalaman, kan abis itu masih hatus nganter Bude dulu.

Setengah jam kemudian gue dan rombongan Mba Reni berangkat. Tapi sebelumnya kita mampir ke Bakpia 25 buat beli oleh-oleh dan ke Warung Gudeg Bu Lies di daerah Wijilan buat sarapan. Dari situ kita langsung pulang. Alhamdulillah di perjalanan gak ada hambatan. Cuma sempat terjebak macet di daerah Nagrek. Selebihnya lancar jaya dan selamat sampai rumah. Alhamdulillah

Makasih Jogja untuk keramahannya..